Pengenalan Materi “Fun English Grammar” Untuk Anak-Anak Di SDN 1 Nglebo, Suruh, Kabupaten Trenggalek

Authors

  • Eka Wulandari Departemen Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia
  • Yuyun Putri Mandasari Departemen Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia
  • Elok Yulidaningsih Departemen Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56742/jpm.v4i2.112

Abstract

Pembelajaran tata bahasa (grammar) dalam bahasa Inggris sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi siswa sekolah dasar karena sifatnya yang abstrak dan cenderung membosankan jika disampaikan secara tradisional. Padahal, pada usia ini, siswa masih berada dalam tahap perkembangan kognitif konkret sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih visual, kinestetik, dan kontekstual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menegtahui hasil implementasi “Fun English Grammar” yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak usia sekolah dasar. Pengabdian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dengan guru, serta tes sebelum dan sesudah penggunaan materi pada siswa kelas IV SDN 1 Nglebo, Suruh. Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa penggunaan materi “Fun English Grammar” tidak hanya membantu meningkatkan penguasaan konsep grammar dasar, seperti simple present tense dan preposisi tempat, tetapi juga meningkatkan minat belajar siswa serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan. Kesimpulan kegiatan pengabdian masyarakat ini bahwa pemahaman siswa terhadap susunan kalimat sederhana dan kalimat fungsional lainnya meningkat dengan baik.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Wulandari, E., Mandasari, Y. P., & Yulidaningsih, E. (2025). Pengenalan Materi “Fun English Grammar” Untuk Anak-Anak Di SDN 1 Nglebo, Suruh, Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pengabdian Meambo, 4(2), 185–190. https://doi.org/10.56742/jpm.v4i2.112