Edukasi Kesehatan Menggunakan Video Animasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pencegahan Anemia di SMA YPST Porame
DOI:
https://doi.org/10.56742/jpm.v4i1.129Abstract
Anemia pada remaja terutama remaja putri merupakan masalah kesehatan masyarakat yang berdampak pada perkembangan fisik, kognitif, dan produktivitas generasi muda. Kurangnya pengetahuan tentang anemia dan gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu utama tingginya prevalensi kasus ini dikalangan pelajar. Tujuan pengabdian adalah memberikan edukasi kesehatan menggunakan video animasi untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pencegahan anemia masa remaja. Metode yang digunakan adalah penyuluhan partisipatif berbasis pendekatan Health Belief Model (HBM). Pengabdian dilakukan di SMA YPST Porame. Tahapan kegiatan meliputi identifikasi masalah melalui survei awal, penyusunan materi edukasi, pelaksanaan penyuluhan interaktif menggunakan media video animasi, dan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah, guru, siswa, dan tenaga kesehatan dalam perencanaan dan pelaksanaan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta sebesar 32% setelah penyuluhan, munculnya kesadaran kolektif akan pentingnya gizi. Partisipasi aktif remaja putri dalam proses menunjukkan keberhasilan pendekatan partisipatif dalam menciptakan perubahan perilaku dan nilai. Simpulan ada peningkatan pengetahun remaja putri setelah diberikan edukasi kesehatan menggunakan media video animasi. Pengabdian ini berhasil mendorong transformasi sosial melalui peningkatan kesadaran kesehatan dikalangan remaja putri.